Life is a game, treat it like one

Thursday, March 17, 2016


Percaya ngga kalau gue bilang hidup ini layaknya sebuah MMORPG raksasa? Untuk pecinta game, istilah tersebut pastinya udah ngga asing lagi di telinga kalian. Tapi bagi teman-teman di sini yang bukan gamer, yang ngga begitu familiar dengan istilah tadi mungkin akan bertanya-tanya: "Apa sih itu, Fra? Bisa dimakan ngga?"


MMORPG

MMORPG atau Massively Multiplayer Online Role Playing Game adalah salah satu genre game berbasis RPG dimana kita sebagai pemain mengendalikan seorang karakter di dalam sebuah dunia virtual, bersama dengan ratusan bahkan ribuan pemain lain yang dapat saling berinteraksi dengan sesamanya. Umumnya tipe game ini memiliki unsur experience point yang membuat karakter yang kita mainkan semakin berkembang seiring dengan waktu dan kegiatan yang kita lakukan. Contoh game yang paling terkenal dari genre ini adalah Ragnarok Online dan World of Warcraft. Pasti tau dong? Atau minimal pernah dengar.

Mulai terasa familiar?

Yup, kehidupan yang kita jalani ini kurang lebih mirip dengan game-game tersebut. Ada kalanya melihat hidup ini dari perspektif game akan lebih terasa menyenangkan, terutama untuk kita, para gamer.


MEMULAI PERMAINAN


Hal pertama yang kita lakukan saat bermain game adalah membuat karakter. Biasanya kita dapat memilih ras, jenis kelamin, penampilan, latar belakang karakter, serta stats dasar seperti strength, intelligence, agility, wisdom dan lain sebagainya sekehendak hati kita.

Namun, di dalam hidup ini ngga seperti itu. Saat memulai kita akan diberikan karakter secara acak. Baik ras, jenis kelamin, penampilan, apapun itu. Semuanya acak dan ngga bisa kita tentukan sama sekali. Mungkin ada beberapa dari kita yang beruntung mendapatkan karakter yang tinggi, menarik, cerdas, atau dari keluarga berada secara default. Ada juga beberapa dari kita yang kurang beruntung. Ngga adil? Well, memang. Life is never fair.

Terus gimana? Mau nyalahin keadaan? Mau nyalahin orang lain? Apa dengan kaya gitu kita bisa berkembang menjadi lebih baik? Ngga kan?

Bukan berarti kita yang kurang beruntung ngga bisa hidup lebih baik dari mereka nantinya. Dengan usaha yang keras dan semangat pantang menyerah, gue yakin semua yang kita inginkan bisa tercapai.

Terus Fra, hubungannya sama fitness apa?

Oke, mari kita kecilkan lagi ruang lingkupnya. Begitu juga dalam fitness, kita ngga bisa menentukan genetik kita. Ada orang yang mudah gemuk, ada yang sulit; ada yang cepat dalam membentuk badannya, ada yang ngga. Namun satu hal yang gue percaya, selama ada motivasi dan dedikasi, kalian pasti akan mendapatkan tubuh yang kalian inginkan. Ngga masalah cepat atau lambat, nikmati saja perjalanannya.
 
Apapun yang kita lakukan dengan ikhlas dan sepenuh hati, pastinya ngga akan membebani.


TUTORIAL


Setelah karakter kita selesai, kita akan tiba di dunia game, di spawn point. Di sekitar kita banyak karakter-karakter yang juga baru dibuat. Semua level 1. Lalu kita melihat ada seorang NPC dengan tanda seru di atas kepalanya. Si NPC kemudian memberikan kita quest-quest ringan sebagai tutorial, kebanyakan mengenai mekanik dasar dalam game tersebut seperti: bagaimana cara berlari, menggunakan item, mengajarkan tentang latar belakang dunia game yang kita mainkan, dan lain sebagainya. Quest-quest membosankan ini biasanya terus berlanjut hingga beberapa level ke depan. Kita akan bertemu dengan NPC-NPC baru lainnya, menyelesaikan quest yang mereka berikan, belajar lebih banyak lagi tentang game tersebut, dan terus mengembangkan diri seiring waktu.

Di dalam hidup ini hampir sama. Umumnya kita akan dipandu oleh orang tua kita beserta keluarga terdekat. Mereka akan mengajarkan kita berjalan, berbicara, mengenal dunia, bagaimana bersikap serta hal-hal lain yang kita butuhkan untuk menghadapi dunia ini nantinya. Sejalan dengan bertambahnya umur, kita akan mulai bertemu orang-orang baru yang akan memberi kita ilmu, contohnya guru-guru kita di sekolah. Saat ini kita belum mempunyai banyak pilihan selain mengikuti alur yang ada. Tutorial ini akan berlanjut hingga akhirnya kita lulus SMA.

Sebagai pengecualian, seperti yang sebelumnya gue tulis di atas, terkadang ada dari kita yang kurang beruntung memulai hidup dalam mode hard, sehingga ngga mendapatkan privilege untuk melalui tutorial ini dan harus belajar sejak awal untuk hidup mandiri. Hal-hal seperti ini ada di luar kendali kita. Berat? Pasti. Namun, life must go on. Mereka yang bisa sukses mencapai impiannya meskipun bermain dalam mode hard menurut gue adalah orang-orang yang hebat dan patut dijadikan inspirasi.

Kalau kita kecilkan lagi ruang lingkupnya menjadi fitness, spawn point kita adalah saat kita mulai menyadari bahwa kesehatan dan menjaga tubuh itu penting. Sayangnya, di sini ngga ada NPC yang akan memandu kita untuk mulai berolahraga sehingga motivasi harus datang dari dalam diri kita sendiri. Kita yang harus mencari mentor dan ilmu supaya ga tersesat. Kita juga yang harus memberikan quest kepada diri kita sendiri. Layaknya di dalam game, quest-quest awal adalah quest ringan yang membosankan. Namun kita tahu bahwa untuk dapat melanjutkan permainan, kita harus menyelesaikan quest-quest tersebut.

Ada baiknya kita ngga membuat quest yang terlalu berat saat memulai untuk hidup sehat. Di game, kita akan kesulitan melawan musuh level 10 saat kita masih level 2, bahkan besar kemungkinan kita akan gagal dan mati. Bayangkan kalau kita baru mulai latihan, dengan berat badan yang "agak" lebih, mencoba untuk push up 100 kali sehari. Bisa? Mungkin bisa, who knows? Tapi satu yang pasti, gue yakin formnya akan berantakan. Dan pada akhirnya ngga menghasilkan apa-apa, malah mungkin menyebabkan cidera.

Enjoy the process, nanti akan ada saatnya dimana hal yang saat ini ngga bisa kita lakukan menjadi semudah membalik telapak tangan.

Contoh quest sederhana yang dapat kita lakukan:
- Push up 10 repetisi sehari dalam satu minggu
- Jogging santai di sekitar rumah setiap pagi
- Mengurangi makanan prosesan, goreng-gorengan dan minuman manis
- Memilih untuk naik tangga dibanding lift atau eskalator saat di mall
- Tidur lebih cepat

Alasan lain kenapa gue menyarankan untuk membuat quest-quest ringan adalah karena memulai suatu kebiasaan baru bukanlah hal yang mudah. Untuk menyiasatinya, mulailah dari sesuatu yang kecil. Hal-hal kecil tersebut yang akan membantu kita untuk menciptakan kebiasaan baru yang lebih sehat nantinya.

Just remember, motivation is what gets you started, but habit is what keeps you going.


BERTEMU PEMAIN LAIN


Semakin lama kita bermain, semakin tinggi level kita dan semakin sering juga kita bertemu dengan pemain lain. Ada kalanya kita perlu melakukan group quest melawan musuh yang sangat kuat, sehingga dibutuhkan satu party yang umumnya terdiri dari 4-6 orang untuk menyelesaikannya. Daftar teman kita pun bertambah banyak seiring berjalannya waktu. Hingga nanti ada saatnya kita bertemu dengan sekelompok besar pemain yang memiliki tujuan yang sama dengan kita di dalam sebuah guild.

Begitu juga di dalam hidup. Lingkaran pertemanan kita akan semakin besar. Kita akan semakin mengerti bahwa manusia adalah makhluk sosial yang ngga dapat hidup sendiri. Kita akan mulai hidup berkelompok, memilah-milah mana yang layak dijadikan teman dan mana yang ngga. Kita akan mulai belajar bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Kita juga akan belajar berorganisasi, baik dalam organisasi sosial maupun profesi.

Dalam fitness juga sama. Nantinya kita akan bertemu orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dengan kita. Ini merupakan sesuatu yang baik, karena dengan adanya teman kita bisa berbagi ilmu dan saling memotivasi untuk terus maju. Akan lebih baik lagi kalau kita mau bergabung dengan komunitas-komunitas olahraga yang sekarang sedang menjamur, salah satunya adalah Street Workout Velodrome. Dengan bergabung ke komunitas yang sesuai dengan olahraga yang kita pilih, tentunya akan sangat membantu progress kita untuk bisa terus berkembang.

Di dalam game, kita akan bertemu pemain dari berbagai kalangan, profesi, dan level. Ada kalanya kita menjadikan karakter yang dimainkan pemain lain sebagai inspirasi kita. Kita akan bertemu karakter yang levelnya jauh di atas kita, dengan equip keren dan pedang yang menyala terang. Hal yang sama terjadi saat kita bergabung di komunitas-komunitas kebugaran, atau saat kita pertama kali menginjakkan kaki ke gym. Pasti ada seseorang di sana yang menurut kita memiliki badan oke atau mempunyai kekuatan yang jauh di atas kita, sehingga menginspirasi kita untuk bisa seperti dia. Mungkin sesekali akan terbersit rasa iri, itu wajar. Tapi tahukah kita, apa aja yang udah dia lakukan dan korbankan untuk sampai ke sana? Bisakah kita menyamai dedikasi yang udah dia berikan hingga sampai ke tahap tersebut?

Berat, itu pasti. Tapi kalau dia bisa, kenapa kita ngga?


HAVE FUN

Salah satu tujuan orang bermain game adalah untuk mencari kesenangan. Terkadang memang kita akan tiba ke suatu tahap yang membosankan, contohnya seperti saat udah ngga ada quest apa-apa lagi sehingga mau ngga mau kita harus grinding supaya bisa naik level. Namun bukan berarti kita harus terus-menerus grinding di satu tempat 24/7. Sesekali ganti suasana dengan melakukan hal-hal menyenangkan bersama teman-teman kita. Ganggu guild musuh yang lagi farming, kunjungi tempat-tempat unik di dalam game untuk berfoto bersama, atau sekadar duduk di kota untuk ngobrol ngalor ngidul tanpa alur.

Karena apa gunanya bermain kalau ujung-ujungnya malah membuat kita semakin stress?

Hal yang sama juga berlaku di dunia nyata. Kita setiap hari grinding, bekerja untuk mencari nafkah. Setiap hari melakukan rutinitas yang itu-itu aja. Bila berlarut-larut pastinya akan membosankan. Karena itu kita perlu sesekali mencari waktu untuk berlibur. Kejar dan lakukan hal yang menjadi passion kita. Jangan hidup layaknya robot. Selalu ingat kalau kita bekerja untuk hidup, bukan hidup untuk bekerja.

Begitu juga dengan fitness. Secinta-cintanya kita, akan ada saat dimana latihan yang kita lakukan menjadi membosankan. Take time to rest. Ngga ada salahnya kok. Asalkan ngga berlebihan dan terlalu lama, sehingga membuat kita malas untuk memulai kembali. 

Toh hidup cuma sekali, sayang kalau ngga dinikmati.  


ENDING

Game MMORPG umumnya ngga memiliki ending. Biasanya ada end-game contents yang bisa dikerjakan pemain saat udah mencapai level tertinggi. Permainan hanya berhenti apabila si pemain memutuskan untuk ngga bermain lagi atau server game tersebut ditutup.

Sedangkan di kehidupan sebenarnya, manusia rata-rata hanya memiliki 80 tahun atau sekitar 29.200 hari permainan. Bisa lebih kalau beruntung dan bisa kurang kalau ngga menjaga kesehatan atau bernasib kurang baik.

So, tunggu apa lagi? Udah berapa hari yang kalian habiskan untuk ngelakuin hal-hal ngga bermanfaat? Udah berapa hari yang kalian tunda akibat takut untuk memulai sesuatu? Udah berapa hari yang hilang hanya karena kalian terlalu sibuk meratapi nasib dan ngga berbuat apa-apa untuk mengubahnya?

Kalian harus tau kalau waktu itu tega, dan dia akan terus berjalan tanpa menunggu siapa-siapa.
 

-Aufra-

Pictures by: my own collection, Ario, Anas

You Might Also Like

2 comments

  1. Keren mas bro... hidup mmng kayak main game.. tapi bukan utk main2..

    ReplyDelete
  2. Keren mas bro... hidup mmng kayak main game.. tapi bukan utk main2..

    ReplyDelete