Strongtrooper of the Month: Abraham Stevanus

Thursday, March 31, 2016

"With discipline, belief and the right knowledge, we become the best we can be."
- George St-Pierre -


Nama: Abraham Stevanus
Umur: 20 tahun
Afiliasi: Street Workout Velodrome (SWV), Indonesian Kyokushin Karate Association (IKKA)

About him:
Abraham, yang biasa disapa Bram adalah co-founder dari Street Workout Velodrome (SWV), salah satu tim Street Workout yang berbasis di Rawamangun, Jakarta Timur. Di umurnya yang masih terbilang sangat muda, dia sudah rajin berolahraga dan bersama teman-temannya berhasil mendirikan sebuah komunitas olahraga yang memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar mereka. Keren ya?


Mau kenal dia lebih lanjut? Yuk simak percakapan singkat gue dengan Bram mengenai hidup dan olahraga yang digelutinya.


Hai Bram, kegiatan sehari-hari lu sekarang ini apa sih?

Mostly sih, kuliah. Selain itu, gue juga ngedit-ngedit untuk konten sosmednya SWV, latihan beban dan powerlift, ngajar fatloss di beginner classnya SWV, bersihin rumah, sama sekarang juga lagi mulai belajar tentang anatomi tubuh manusia.

Oh ya lupa, satu lagi latihan Kyokushin.


Keren! Selain itu? Yang ngga berhubungan sama olahraga?

Main game. Browsing YouTube, liat video orang-orang lagi main Airsoft gun (hobi yang ngga kesampaian), sama ngeliatin video-video motor cross gitu, soalnya gue lagi doyan banget sama motor trail. Terus pengen mulai main musik lagi sih akhir-akhir ini.
  

Mulai kenal olahraga sejak kapan?


Gue mulai kenal olahraga dari basket. Kalau ngga salah, mulai latihan di awal tahun 2010. Dari basket ini akhirnya gue mulai nyoba-nyoba latihan fisik karena ngerasa berat badan gue waktu itu terlalu berat. Gue mulai rajin ngelakuin push up, nyoba-nyoba pull up, sit up dan sering jogging. Yang ngenalin latihan fisik ke gue adalah temen gue dari SMP, Charlie yang sampai sekarang juga masih sering olahraga bareng gue. Dia yang ngelatih gue sampai akhirnya ketika lulus dan lanjut SMA, gue udah mulai terbiasa olahraga sendiri di rumah (home workout). Gerakan yang paling gue suka waktu itu adalah pull ups. Kebetulan juga waktu itu lagi persiapan untuk masuk AKPOL (Akademi Kepolisian), jadi mau ngga mau gue harus bisa ngelakuin pull ups. Rasanya sih waktu itu untuk anak seumuran gue udah bagus banget bisa dapat pull ups 10 repetisi meskipun belum clean


Sekali waktu, tanpa sengaja gue nemu videonya Barstarzz di YouTube yang judulnya Super Human Strength. Disitu gue liat Ed, Hannibal dan Swiss untuk pertama kalinya. Semenjak itu, gue jatuh cinta sama Street Workout (SW). Dan karena itu, setelah beres Ujian Nasional SMA, gue, Charlie dan Erlan mulai nyoba-nyoba untuk latihan SW. Kebetulan tempat dengan fasilitas bar yang terdekat dari tempat tinggal kita semua ada di Velodrome, Rawamangun. Kita latihan setiap pagi hingga secara iseng kita mendirikan tim SW kecil-kecilan di sana dengan nama KuliBar yang nantinya menjadi cikal bakal lahirnya Street Workout Velodrome.

Gue mulai kenal gym kira-kira di akhir tahun 2014. Awalnya sih ngga gitu tertarik untuk latihan di gym, tapi karena waktu itu lagi punya target untuk ngegedein badan, akhirnya gue mulai coba-coba. Dulu pertama-tama gue diajarin Abay, tapi karena dia sibuk modeling dan jarang datang akhirnya gue diajarin sama Bang Aufra. Pas banget Bang Aufra sendiri rutinnya di gym lebih ke arah powerlifting dengan memfokuskan pada latihan-latihan compound seperti squats, deadlifts dan bench presses. Setelah gue ikutin, ternyata latihan powerlift itu benar-benar ngebantu progress gue. Gue berhasil unlock backlever setelah rutin latihan backlever ditambah dengan heavy deadlifts. Dan untuk di Kyokushin, power tendangan gue juga jadi bertambah akibat rajin squats.


Apa sih artinya menjadi kuat untuk lu?

Menjadi kuat itu bukan berarti gue harus lebih kuat daripada orang lain. Bukan berarti ketika gue bisa ngangkat beban lebih berat dari orang lain yang ada di gym pada saat latihan. Menjadi kuat untuk gue adalah ketika kita bisa menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri, tanpa harus membandingkan dengan orang lain. Kita ngga bisa memaksa seseorang untuk jadi seperti kita. Dan hal yang sama berlaku sebaliknya, kita juga ngga bisa memaksa diri kita untuk menjadi orang lain. 


Contoh latihan yang lu lakukan sehari-hari seperti apa sih?

Kalau sekarang sih, latihan gue lebih fokus ke strength. Jadi lebih banyak main beban, kaya weighted pull ups, weighted dips, squats, deadlifts dan bench presses. Tapi ngga semuanya dihajar dalam satu hari, ada programnya. 


Andaikan nih ya, lu cuma boleh milih 3 exercise untuk lu lakukan seumur hidup lu. Apa aja yang akan lu pilih?

Waduh, susah nih. Tapi kalau bener-bener cuma 3, yang pertama gue pilih pasti squats. Soalnya squats itu udah basic banget dibandingkan latihan-latihan kaki lainnya. Leg day is Legendary! 

Terus yang kedua pull ups. Sebenarnya gue bingung mau pilih pull ups atau dips, tapi kayanya otot yang kena waktu pull ups lebih banyak dibandingkan waktu ngelakuin dips, jadi gue milih pull ups.

Yang ketiga, jogging! Sederhana memang, tapi kalau punya power tapi ga punya stamina, kayanya ga seimbang ya nanti jadinya.


Lu lebih senang latihan sendiri atau dengan orang lain sih?

Oke. Dulu sebenarnya gue suka banget latihan sendiri, karena bisa lebih fokus. Tapi sekarang, semakin sering latihan dengan orang lain, latihan bareng komunitas, rasanya gue lebih suka latihan dengan orang lain deh. Karena kalau kita latihan sendiri-sendiri aja, kita ngga akan tau latihan kita itu udah oke atau belum. Kalau latihan rame-rame, kita bisa share ilmu, juga bisa saling ngebenerin form. Perlu pendapat orang lain juga terkadang. Karena kalau berdasarkan diri sendiri pasti akan subjektif dan nganggap yang kita lakukan udah yang terbaik. Hahaha.


Apa, atau siapa sih yang menginspirasi dan memotivasi lu?

Banyak sih yang memotivasi gue. Kalau internal, bokap pastinya. Soalnya dia punya latar belakang militer, jadi udah pasti sering latihan fisik. Dan disiplin yang tegas ajaran beliau itu udah jadi makanan gue sehari-hari. Selama gue tumbuh dewasa juga gue sering ngeliat bokap latihan fisik kaya sit ups, push ups, juga pull ups. Bener-bener memotivasi gue jadinya.

Kalau dari luar banyaaaak, contohnya Adam Raw, George St-Pierre dan Andy Hug.


Coba sebutin 5 lagu yang ada di playlist lu pas lagi latihan.

Kalau lagu sih tergantung apapun yang ke-play di handphone. Suka nge-random soalnya kalau muter lagu. Hehe.


3 hal apa yang wajib untuk dibawa saat lu latihan?

Sepatu, baju ganti sama kamera.


Coba sebutkan 5 kata yang mendeskripsikan diri lu

Tenang, optimis, friendly, santai, jujur.


Hal apa yang paling lu syukuri dalam hidup lu sekarang?

Kebersamaan dalam keluarga sih yang bener-bener gue syukurin. Meskipun yah, yang namanya keluarga pasti ada up and downnya. Meskipun sekarang kakak gue ada yang udah punya keluarga sendiri, kita sekeluarga masih ada waktu kok untuk duduk bersama.


Pencapaian apa yang udah buat diri lu bangga di umur sekarang ini?

Dalam urusan pendidikan ya gue jujur aja sih belum bisa ngebanggain diri sendiri dan orang tua gue. So far, yang bener-bener bisa gue banggain sekarang itu ya komunitas SWV. Ngga nyangka banget yang dulunya cuma latihan untuk diri sendiri, sekarang akhirnya bisa berkembang jadi sebuah komunitas besar dan bermanfaat untuk orang lain. Dan yang paling membanggakan adalah, gue juga ngambil bagian langsung di dalam kepengurusan SWV dan tumbuh bersama komunitas ini, seneng banget rasanya.


Pernah ngga sih ada momen dimana lu merasa takut akan sesuatu atau meragukan diri lu sendiri? Pelajaran apa yang lu dapat dari pengalaman tersebut? 

Ada. Kali ini berhubungan dengan kehidupan kampus. Jadi waktu itu pas lagi ngambil semester pendek, UAS (Ujian Akhir Semester)nya itu berbentuk presentasi. Dan dosen pengujinya itu dosen killer, jadi udah serem aja bawaan dari awalnya. Ditambah lagi, presentasinya berkelompok yang berisikan 3 orang, sementara kelompok gue cuma berisikan dua orang. Pastinya, materi yang dikuasai harus lebih banyak dong karena kami cuma berdua. Rasanya gue udah pengen cabut aja, mau ngga datang pas hari "H" karena presentasi sama si dosen ini dibuat kaya lagi sidang. Kalau ngga bisa jawab, udah, kelar deh nilai lu. Tapi akhirnya gue sama temen gue ini tetap semangat untuk bikin, revisi-revisi terus sampai akhirnya di hari ujian, hasilnya pun lumayan. Gue bisa jawab 2 dari 3 pertanyaan dia. Dan sejak hari itu pula, dosen itu jadi kenal sama gue dan sering nyapa kalau ketemu di kampus. Pelajaran yang gue dapat sih, terkadang kita udah nyerah duluan sebelum mencoba suatu hal. Dan ini bukan hal yang baik.


Pernah ngga sih, lu nyoba untuk keluar dari comfort zone dan mencoba hal yang lu takutkan?

Sering kok, contohnya dari SW ke powerlifting awalnya gue juga ragu-ragu, sampai akhirnya sekarang malah jadi comfort zone juga. Akhir-akhir ini belum coba hal baru lagi sih. Cuma, andaikan ada, pasti akan gue coba. Karena kaya yang gue bilang sebelumnya, sering kali kita udah nyerah duluan bahkan sebelum mencoba. Andaikan nanti memang ngga cocok, ya ngga perlu dipaksakan. Karena belum tentu semua cocok sama diri kita.


Dengan cara apa olahraga udah mengubah hidup lu?

Banyak sih. Gue yang dulunya pemalu, anak rumahan yang kerjanya main game, yang taunya cuma makan, kenyang, males-malesan doang, karena olahraga sekarang punya fisik yang lebih oke. Mulai tumbuh confidence, kehidupan sosial pun membaik karena gue jadi lebih pede karena tampilan fisik yang lebih atletis. Terus, sekarang juga udah berani keluar rumah, menghadapi dunia luar yang liar. Hahaha. 

Oh ya, sekarang juga kalau makan udah berubah cara mandangnya. Ayam jadi protein, nasi jadi karbohidrat. Hahaha. Dan tanpa disadari, rasa malas juga mulai menghilang. Dari yang kerjanya cuma tidur-tiduran, duduk-duduk di bangku, main game sama nonton yang "aneh-aneh", sekarang jadi lebih rajin bantu-bantu nyokap ngebersihin rumah


Apa target selanjutnya yang ingin lu capai? Baik dalam bidang olahraga, maupun kehidupan secara umum.

Kalau dalam waktu dekat ini, gue mau nyoba ikut kompetisi powerlifting di akhir tahun. Sekalian mau coba cari pengalaman juga. Untuk yang jauh ke depan, gue punya keinginan untuk bikin semacam calisthenics gym/studio gitu sih, sesuai passion dan hobi gue. Yah, semuanya berawal dari planning kok. :)



Thanks untuk waktunya Bram. Pertanyaan terakhir, ada ngga yang mau lu sampaikan ke teman-teman yang baca ini? Baik mereka yang masih ragu-ragu untuk memulai olahraga, yang baru memulai, ataupun yang udah lama latihan.

Buat teman-teman yang masih takut atau malas untuk berolahraga, jangan anggap olahraga itu suatu hal yang menakutkan. Coba pelan-pelan jadikan sebagai gaya hidup dan kebutuhan. Kaya mandi aja, sehari ngga mandi pasti rasanya ngga enak. Kalau udah jadi kebutuhan, mau ngga mau kita akan ngeluangin waktu untuk olahraga. Mau nge-gym, crossfit, zumba atau apa pun pilihan lu, lakukan aja. Karena ngga ada olahraga yang buruk. Yang buruk itu adalah olahraga yang ngga kita lakukan.

You Might Also Like

2 comments