Strongtrooper Of The Month: Fachrial Banyu Asmoro

Saturday, April 30, 2016

"Just shut up and do your sets."


Nama: Fachrial Banyu Asmoro
Umur: 28 tahun
Afiliasi: Street Workout Velodrome (SWV), Indonesian Kyokushin Karate Association (IKKA)

About him:
Fachrial, yang lebih dikenal dengan panggilan Ial adalah seorang broker saham yang sekarang menjabat sebagai bendahara di Street Workout Velodrome (SWV), salah satu tim Street Workout yang berbasis di Rawamangun, Jakarta Timur. Ditengah kesibukannya yang padat, Ial masih tetap meluangkan waktunya untuk berolahraga agar tetap bersemangat dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. Kerennya lagi, di tahun 2016 ini, Ial berhasil menurunkan berat badannya dari 84 kg menjadi 74 kg melalui disiplin dalam diet dan latihannya yang patut diacungi jempol.


Mau kenal dia lebih lanjut? Yuk simak percakapan singkat gue dengan Ial mengenai hidup dan olahraga yang digelutinya.


Hai Yal, kesibukan sehari-hari sekarang ngapain aja sih?

Yang utama sih kerja. Mungkin menurut kalian kerjaan gue agak ngebosenin karena seharian cuma duduk ngeliatin monitor aja. Gue sehari-hari kerja sebagai perantara pedagang efek, atau yang lebih dikenal orang dengan nama broker saham.  

Itu siangnya. Nah, kalau malemnya tergantung. Kalau hari Senin atau Kamis gue latihan Kyokushin di Kelapa Gading, kalau Selasa atau Jum'at gue latihan Street Workout di Velodrome. Rabu sama Sabtu biasanya gue pake untuk istirahat, walaupun kadang iseng juga tetap latihan.

Oh iya, satu lagi, gue biasanya dikejar-kejar masalah uang sama yang punya urusan dengan duit kas Velo, maklum bendahara. Bahkan kadang pas lagi kerja pun masih tetap dikejar-kejar. Hahaha.

  

Mulai kenal olahraga sejak kapan?


Pertama kali bener-bener mulai olahraga itu sih pas umur 4 tahun. Berenang hehe. Dulu pas TK memang ada satu hari tertentu yang dipake untuk kita latihan renang. Waktu itu gue belum bisa berenang, masih pake ban sampai akhirnya lepas ban pas masuk SD.

Pas SD gue juga mulai ikut latihan bela diri Tae Kwon Do. Awalnya sih cuma sekadar ikut-ikutan aja karena diajak temen, namanya juga masih bocah. Walaupun gerakan-gerakan dasar calisthenics gue masih kacau-balau waktu itu ternyata gue tetep sanggup bertahan latihan sampe kelas 2 SMP, dimana temen-temen gue yang awalnya latihan bareng satu per satu mulai ngilang sejak lulus SD. 

Nah, pas SMP ini gue mulai nyoba ngebenerin gerakan-gerakan dasar kaya push up, sit up, crunch dan lain-lain. Gue juga suka lari, tapi sprint. Kalau jogging ngga betah, bosen aja rasanya. 

Kelas 3 SMP gue stop latihan Tae Kwon Do karena siap-siap untuk ujian nasional. Tapi masih tetep ngelakuin gerakan-gerakan calisthenics kaya push up dan crunch di rumah. Hal ini terus berlanjut sampe saat gue kuliah.

Waktu kuliah, temen SMA gue, Azi ngajakin untuk latihan Tae Kwon Do lagi. Gue lanjut latihan sampe tingkatan geup 3 atau sabuk biru strip. Ujung-ujungnya berhenti karena gue kenal Karate Kyokushin dan ngerasa lebih cocok di sana.


Pas lagi ikut Tae Kwon Do inilah gue dikenalin sama temen sekaligus Sabeum gue, Tommy sama fitness. Sejak itu, gue pun mulai rajin latihan lifting di gym sama Aufra. Pas Aufra mulai sibuk dengan kerjaannya, kita jarang bisa latihan bareng dan akhirnya mutusin untuk stop langganan gym karena satu alasan, ngga punya spotter! Hahaha.

Selang beberapa tahun, kita kenal sama dunia Street Workout (SW). Waktu itu Aufra nemuin thread Kaskus tentang SW dan ngobrol-ngobrol sama salah satu member SWV, yaitu Bang Ekoks. Beberapa waktu setelah lebaran tahun 2014, kita berdua pun mampir ke sana untuk ikut latihan, dan terus berlanjut sampai sekarang. Meskipun sekarang gue lebih banyak latihan SW, gue tetep masih sekali-sekali latihan lifting di gym sebelah SWV training ground.



Lu kan berhasil nih ya nurunin berat badan sampe 10 kg dari awal tahun ini. Cerita dong caranya gimana, apa motivasi lu dan bagian apa yang paling sulit dalam melakukannya? Ada saran ngga untuk teman-teman yang baca?

Hmm... berat badan gue.
 

Resepnya? Ngga makan. Hehehe.

Eittt, tapi ya jangan diambil bulet-bulet terus lu nya ngga makan sama sekali ya. Kalo gitu mah yang ada ntar lu nya malnutrisi. Selama proses nurunin fatloss sih gue nyoba untuk ngga ngemil, ganti cara pola makan gue sama ngurangin jajan di luar, fokus olahraga, secara konsisten dan disiplin. Dua terakhir itu sih yang paling penting, konsistensi sama disiplin.

Kalo ditanya motivasi ngurangin berat badan sih ada beberapa, ini salah tiganya: 
1. Gue mau ikut pertandingan bela diri lagi. Tapi ya turun kelas, di kelas 60-an kg.
2. Ngurangin risiko penyakit-penyakit keturunan.
3. Tampil beda. Hehehe. Pengen aja ketemu temen-temen lama gue pas sekolah sama kuliah dengan badan yang ngga kayak dulu lagi, yang mana gue dulu bulet sebulet-buletnya bulet. Hahaha.

Bagian tersulit sebenarnya ya godaan dari pihak-pihak luar. Sumpah ini godaannya kurang ajar banget. Mulai dari temen-temen gue sendiri pas latihan olahraga bareng, keluarga gue, bahkan temen-temen kantor gue. Gimana ngga kurang ajar coba? Gini, pertama-tama gue suka banget sama yang namanya makanan enak, apalagi kalo ditraktir, dan orang-orang itu pada hobi banget bawa makanan dan rajin nraktir gue. Kalau udah gini nih, pilihan gue juga cuman 2, antara jatuh ke jebakan syaithan-syaithan ini atau pergi menghindari godaan tersebut. Ya ngga? Hahaha.

Saran buat temen-temen yang lagi mau progress buat nurunin berat badan atau pangkas lemak:
1. Sabar. Jangan terfokus sama cepetnya berat badan lu yang turun. Inget kalo cepet turun pasti cepet naik lagi. Proses ini bukan kayak sedot lemak yang hasilnya instan.
2. Kalo lu ngerasa pengen berhenti. Inget lagi sama motivasi awal lu untuk mulai.

3. Sering coba hal-hal baru. Kadang gue suka stuck, dimana berat badan gue ngga mau turun lagi sama sekali. Nah kalau udah gini gue biasanya ganti lagi tu pola makan sama pola latihan. Setelah ada hasil lagi, gue bisa balik lagi ke pola yang lama atau lanjut pola baru yang lainnya.


Menurut lu pribadi, apa sih artinya menjadi kuat?

Menjadi kuat menurut gue bukan berarti gue bisa ngalahin semua orang yang ada di dunia ini. Sederhana aja, kuat itu berarti gue mampu ngalahin diri gue sendiri, dan tetap sanggup bertahan dalam kondisi yang sulit. Ngga gampang lho kaya gitu. Definisinya memang agak bias sih, tapi selalu ingat kalau kondisi orang berbeda satu dengan yang lainnya. Makanya menurut gue, untuk menjadi kuat itu cukup dengan cara mengalahkan diri sendiri aja. Dengan gitu kita akan bisa terus berkembang.


Bisa kasih contoh latihan sehari-hari yang lu lakukan?

Biasanya sih kalau di Velo, latihan gue kaya gini

Warm up:

HIIT Sprint: 50 meter x 8 sets

Jumping jacks: 200 reps
Ascending ladder push up 1 - 10 reps

Main sets:
Pull up 10-12 reps x 5 sets
Push up 12 reps x 5 sets
Squat 12 reps x 5 sets
Burpee 10 reps x 3 sets
Crunch 12 reps x 5 sets

Penutup:
Wall sit 1,5 - 2 menit
Plank 3 menit

Kalau di gym, biasanya gue cuma ngelakuin Deadlift, Squat, Bench press, Pull up, Overhead press. Antara 5 gerakan itu aja yang gue puter-puter. Biasanya 2-3 gerakan sehari, ngap-ngapan juga kalau sekali latihan semuanya.


Andaikan nih ya, lu cuma boleh milih 3 exercise untuk lu lakukan seumur hidup lu. Apa aja yang akan lu pilih?

Pull up, deadlift sama bench press. 3 exercise ini menurut gue berguna banget untuk ngelatih otot-otot utama dan core kita.

Kenapa pull up? Karena simple. Gerakan ini bisa dilakuin di mana aja asalkan ada bar yang posisinya horisontal. Dan gerakan yang satu ini bener-bener ngelatih back lu dibandingkan bentuk latihan lainnya.

Deadlift, banyak banget otot yang kelatih hanya dengan satu exercise ini. Dari lower back, hamstring, glutes, bahkan juga traps dan bisep. 

Bench press, pushing exercise yang paling gue suka, bahkan melebihi push up dan dips.  


Menurut lu, lebih asyik latihan sendiri atau dengan orang lain sih?

Gue lebih suka latihan bareng orang lain. Bisa share macem-macem soalnya. Kalau sendiri? Paling share muka jelek aja sama diri sendiri sambil ngeliatin kaca. Hahaha.


Apa, atau siapa sih yang menginspirasi dan memotivasi lu? 

Banyaaak. Mulai dari kedua orang tua gue sendiri. Gue belajar disiplin dari mereka. Gue kenal bela diri karena dorongan mereka. Bokap gue dulu juga ikut latihan Karate, terakhir megang tingkatan kyu 4. Memang ya, buah ngga jatuh jauh dari pohonnya. :)

Kemudian, inspirasi terbesar gue adalah Rasulullah SAW beserta sahabat-sahabat beliau. Kalian pernah tau kalau Rasul sendiri bisa olahraga gulat? Ngga nyangka kan? Gue juga awalnya kaget sampe waktu itu tau bahwa kita disunahkan untuk ngajarin anak laki-laki kita renang, gulat, panahan sama berkuda.

Sekarang gue juga lagi nyuri-nyuri waktu untuk nyari tempat belajar panahan dan gulat hehe. 


Hobi dengerin lagu ngga pas latihan? Coba dong sebutin 5 lagu yang ada di playlist lu pas lagi latihan.

Hahaha, gue ngga dengerin lagu kalau latihan. Distraction itu... Takut ketergantungan juga gue, nanti sekalinya ngga dengerin lagu malah jadi lemah karena udah kebiasaan hahaha.


Coba sebutkan 5 kata yang mendeskripsikan diri lu

Honest, patient, energetic, reserved, cold.


Hal apa yang paling lu syukuri dalam hidup lu sekarang?

Yang pasti sih masih bisa bernafas dan hidup sampe sekarang ini.


Pencapaian apa yang udah buat diri lu bangga di umur sekarang ini?

Berhasil ngebelain Adek gue untuk dapat milih jurusan sesuai keinginannya. Dan terbukti, dari pertama masuk sampe lulus itu IPK ngga turun-turun dari predikat cumlaude. Hahaha, I'm a proud brother.

Dalam konteks olahraga sih, SWV pastinya. Ngga nyangka aja gue bisa turut serta ngebangun komunitas yang tadinya cuma berjumlah beberapa orang, yang latihannya nomaden kaya gelandangan karena ngga punya tempat sendiri sampe sekarang jadi serame ini. Semoga tetap berkembang ke depannya.
 
Selain itu ngga ada kayanya. Soalnya menurut gue pribadi, gue belum mencapai hal yang gue inginkan dan bisa untuk dibanggakan.


Pernah ngga sih ada momen dimana lu merasa takut akan sesuatu atau meragukan diri lu sendiri? Pelajaran apa yang lu dapat dari pengalaman tersebut? 

Pernah lah, terutama pas pertama kali gue ikutan kejuaran karate antar dojo. Itu perasaan takut, ragu-ragu, seneng, semua campur aduk jadi satu. Deg-degan pastinya, meskipun gue udah latihan keras terus sebagai persiapan.

Pelajaran yang gue dapet dari pengalaman ini adalah, kita memang ada baiknya ngga ngeremehin sesuatu. Karena sesiap apapun kita, pasti ada saatnya dimana kita ngeraguin diri sendiri. Kalau kata pelatih gue, ini hal yang wajar. Rasa takut kalau bisa kita manage dengan baik akan menjadi kewaspadaan. Kewaspadaan ini lah yang sering kali ngebantu kita untuk ngelewatin momen-momen sulit kaya gitu.



Pernah ngga lu nyoba untuk keluar dari comfort zone dan mencoba hal yang lu takutkan?

Setiap mulai ngikutin olahraga baru yang ngga familiar pasti gue ngerasa takut. Mulai dari ikut Tae Kwon Do, Karate, nyoba fitness di gym, sampe akhirnya ikut Street Workout. Sekarang pun masih pengen nyoba ikut Silat dan Iaijutsu.

Selain itu, mungkin gue cuman bisa nambah sedikit sih soal pengalaman gue di bidang pendidikan. Untuk mendapatkan apa yang kita inginkan biasanya perjuangannya ngga enak loh. Pas pertama kali kerja gue langsung nyoba untuk ningkatin pendidikan gue dengan lanjut kuliah S1. Menurut gue waktu itu gue berhasil keluar dari comfort zone gue. Dimana, mungkin pada saat itu seharusnya gue bisa enak leha-leha di rumah nyantai dan nonton TV, pada kenyataannya malah harus berjuang untuk tetep melek buat kuliah malem dan nyelesaiin S1 gue. Jujur makanya gue suka salut sama orang-orang yang kuliah malem. Cape loh perjuangannya, dan gue bisa bilang gini karena gue udah ngalamin.


Dengan cara apa olahraga udah mengubah hidup lu?


Yang pasti sih olahraga udah ngubah diri gue menjadi lebih baik, mostly secara mental, meskipun fisik juga pastinya ikutan berubah.

Dulu sebelum rutin olahraga, gue bener-bener culun. Lebih sering nge-game di rumah. Dulu juga gampang berantem sama temen-temen gue. Nah, kalau sekarang, mau mukul orang aja mikir sampe berkali-kali. Karena olahraga juga sih gue bisa jadi lebih sabar. Gue juga jadi lebih berani untuk bicara daripada dulu yang lebih sering diem. Pastinya confidence nambah dan banyak hal-hal positif lain yang gue dapat semenjak rutin berolahraga.



Apa target selanjutnya yang ingin lu capai? Baik dalam bidang olahraga, maupun kehidupan secara umum.

Pengen ikut kejuaraan Kyokushin lagi sih rencananya. Dan yang pasti nurunin berat badan sampe 65 kg. Untuk jangka panjang, gue pengen buat perusahaan sendiri, meskipun belum ada bayangan mau bikin perusahaan kaya gimana. Hahaha.


Thanks untuk waktunya Yal. Pertanyaan terakhir, ada ngga yang mau lu sampaikan ke teman-teman yang baca ini? Baik mereka yang masih ragu-ragu untuk memulai olahraga, yang baru memulai, ataupun yang udah lama latihan.

Mungkin pada udah sering denger kali ya. Intinya sih kalau mau mulai olahraga itu langsung aja dilakuin, ngga perlu nunggu-nunggu. Ngga ada ruginya kok kalau mulai duluan. Ngga usah takut juga untuk minta bantuan ke yang lebih ahli, bahkan orang yang udah ahli aja masih butuh bantuan orang lain. Gue sendiri sampe sekarang masih suka minta spot sama orang kalau memang gue belum sanggup.

Gue juga kagum sama orang yang udah lama berhenti tapi berani untuk mulai lagi. Karena gue tau untuk nyari waktu buat olahraga itu untuk sebagain orang susah banget. Gue dulu sempet vakum 2 tahun dari Kyokushin karena ngelanjutin kuliah S2 gue.

Satu lagi, jangan kebanyakan ngeluh. Just shut up and do your sets. Nikmatin aja prosesnya kaya hashtagnya SWV, embrace the journey. 

You Might Also Like

0 comments